Selasa, 08 Oktober 2013

SISTEM PENDIDIKAN JARAK JAUH


Kuliah Jarak Jauh Secara Online untuk TKI (Tenaga Kerja Indonesia)





Teknologi yang terus berkembang mempunyai peran yang sangat tinggi demikian juga dalam dunia pendidikan. Perkembangan teknologi informasi saat ini, Internet, mengarahkan sejarah teknologi pendidikan pada alur yang baru.  Pendidikan jarak jauh dapat memanfaatkan teknologi internet secara maksimal, dapat memberikan efektifitas dalam hal waktu, tempat dan bahkan meningkatkan kualitas pendidikan. 

Faktor utama dalam pendidikan jarak jauh secara online dikenal sebagai distance learning selama ini dianggap masalah adalah tidak adanya interaksi antara dosen dan mahasiswanya. Namun demikian, dengan media internet sangat dimungkinkan untuk melakukan interaksi antara dosen dan siswa baik dalam bentuk real time (waktu nyata) atau tidak. Dalam bentuk real time dapat dilakukan misalnya dalam suatu chatroom, interaksi langsung dengan sosial media yang sudah biasa di gunakan.



Beberapa sudut pandang yang dapat diutarakan antara dosen dan mahasiswa dalam penyajian sistem kuliah jarak jauh seperti:

Dosen 

Dari sudut pandang dosen, solusi pendidikan online ini harus memenuhi kriteria-kriteria: 

Mudah digunakan, Memungkinkan pembuatan bahan kuliah online dan kelas online dengan cepat dan mudah, Hanya memerlukan pelatihan minimal, Memungkinkan pengajaran dengan cara mereka sendiri, Memungkinkan mereka mengendalikan lingkungan pengajaran 


Mahasiswa 

Dari sudut mahasiswa yang dicari adalah: 

fleksibilitas dalam mengambil mata kuliah, bahan kuliah yang lebih kaya dibandingkan yang didapat di kelas, berjalan di komputer yang sudah mereka miliki atau umum, Menyertakan kolaborasi antar mahasiswa seperti cara tradisional, Mencakup konsultasi dengan dosen, diskusi kelas, teman belajar, dan proyek bersama.


Pendidikan Kuliah Jarak Jauh Di Luar Negeri

Di luar negeri, khususnya di negara maju, pendidikan jarak jauh merupakan alternatif pendidikan yang cukup digemari. Metoda pendidikan ini diikuti oleh para mahasiswa, karyawan, eksekutif, bahkan cocok untuk TENAGA KERJA INDONESIA .Peluang kuliah sambil bekerja di negeri orang dapat di lakukan dengan membentuk komunitas TKI di satu negara dan mendaftar pada salah satu universitas untuk program kuliah jarak jauh.

Dari sisi Teknologi informasi dunia Internet memungkinkan perombakan total konsep-konsep pendidikan yang selama ini berlaku. Teknologi informasi & telekomunikasi dengan murah & mudah akan menghilangkan batasan-batasan ruang & waktu yang selama ini membatasi dunia pendidikan.

yang harus di lakukan untuk membuat kelas kuliah di luar negeri bagi TKI antara lain :


  • Kumpulkan teman yang sepakat dengan kuliah jarak jauh dengan batasan minimal
  • membuat sistem/aturan internal komunitas sebagai admin 
  • mencari universitas yang dapat menerima dengan konsep kuliah jarak jauh
  • menyepakati pola kuliah via sosial media
  • meng organizer kuliah dengan mendatangkan dozen minimal 2 x dalam setahun    
  • menyiapkan dan sepakat dengan biaya


bekerja sambil kuliah sangat mengasikkan apalagi bagi pekerja di luar negeri, pada saat kembali ke tanah air kelak sudah dapat gelar ke sarjanaan dan lebih kompetitif dalam mencari pekerjaan yang lebih baik lagi di negeri sendiri.

bila ada yang berminat dan ingin bertanya bisa minta bantuan Admin blog LAZISMU Jakarta Timur.
Wassalam


Sumber : TAP, dan sumber lain
     


Tidak ada komentar:

Posting Komentar